Selasa, 23 Maret 2010

Ada Apa Di Balik April Mop??

Ada apakah di akhir bulan Maret?? Iah, mereka sedang merancang sebuah rencana untuk menghadapi awal bulan April, tepatnya 1 April. Tentu saja, yang sedang mereka rencanakan adalah lelucon untuk ngerjain orang lain. Kita mengenalnya lecucon 1 April dengan sebutan April Mop. Kalo orang sono nyebutnya April Fool's Day. Sebelum kita terlanjur menyiapkan lelucon April Mop, kita kudu baca artikel sederhana ini dulu, sehingga kita bisa memilih jalan yang benar. Bahkan kita akan mengetahui kisah apa yang melatarbelakangi tradisi unik ini. Nyok, kita baca rame-rame!

Umat Islam Berkabung
Ada yang bilang sejarah April Mop berhubungan dengan sejarah memilukan umat Islam Granada yang pernah berkuasa di Spanyol. Begini ceritanya..
Spanyol mulai dikuasai umat Islam sejak 13 abad silam, tepatnya abad ke-8 M. Satu persatu daerah dan kota Spanyol dibebaskan dari kekufuran kembali kepada Islam. Dengan perlakuan baik dari umat Islam, penduduk-penduduk asli Spanyol pun berduyun-duyun masuk ke dalam agama kita, Islam.
Ketentraman itu berlangsung hampir enam abad lamanya. Selama itu pula, kaum kafir yang masih berkeliaran di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah dan semangat 45 terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol. Namun mereka selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah spy (mata-mata) untuk mempelajari titik kelemahan umat Islam Spanyol.
Akhirnya, mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya.
Maka mulailah secara diam-diam, mereka mentransfer bir dan rokok secara cuma-cuma alias gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik pun diperdengarkan untuk membujuk para pemudanya agar lebih suka sing and dance ketimbang membaca Al-Qur'an.
Akhirnya Spanyol jatuh dan dapat dikuasai Pasukan Salib. Penyerangan pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Satu persatu daerah di Spanyol pun jatuh.
Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Granada terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Salib terus mengejar mereka.
Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan mayat yang bergelimpangan, tentara Salib menyadari bahwa masih banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di dalam rumah.
Dengan lantang tentara Salib itu pun meneriakkan pengumuman, bahwa para muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.
Beberapa dari mereka malah diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang telah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah mereka benar-benar melihat ada kapal yang telah disediakan, mereka pun segera bergegas untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.
Keesokan harinya, tepatnya 1 April 1487 M (catat tahun ini!) atau 892 H, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, berjalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang kagak percaya dengan pasukan Salib, lebih memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.
Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.
Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dijanjikan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol.
Ribuan umat Islam di pelabuhan tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Sedang para tentara Salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.
Akhirnya, ribuan tentara Salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam tanpa tersisa satu nyawa pun.
Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop. Mereka telah berhasil menipu dan membohongi umat Islam Granada. Selanjutnya, setiap tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain untuk lelucon.

Studi Kritis
Masalahnya, sumber cerita di atas tidak jelas, walaupun cerita tersebut berserakan di dunia maya. Sebagian umat Islam malah meragukan kebenaran kisah di atas. Kenapa?
Keberadaan mata-mata Kristen di Islam Spanyol diragukan. Yang tercatat jelas oleh sejarawan Barat dan Muslim adalah adanya pertikaian antara raja-raja Muslim Spanyol. Sebagian raja-raja tersebut meminta bantuan bangsawan/raja Kristen untuk melemahkan raja muslim saudara mereka sendiri. Orang kafir pun memanfaatkan pertikaian dan permohonan bantuan ini.
Pada cerita itu disebutkan bahwa mereka membanjiri muslim Spanyol dengan rokok sebelum pembantaian muslim Granada tahun 1487 M. Padahal, rokok belumlah dibuat sebelum tahun 1492 M. Menurut Dr. Roger Morrissette, Ph.D., dosen biologi manusia di Universitas Negeri Framingham, rokok dalam bentuk apapun belum pernah ada di Spanyol sebelum dibawa Columbus dari Amerika. Dengan kata lain, rokok belum pernah ada di Spanyol hingga Raja Ferdinand dan Ratu Isabella berkuasa penuh setelah mengalahkan seluruh muslim Spanyol. Tembakau baru dihisap secara luas di Eropa pada tahun 1880 M.
Kekuasaan muslim Spanyol terakhir dihapus oleh kafir Spanyol pada 12 Januari 1492 M, bukan 1487 M. Hari April Mop belum pernah terdengar hingga 50 tahun setelah tahun 1429 M.
Mana yang benar? Wallahu Ta'ala a'lam. Yang jelas, tidak baik jika seorang muslim menyebarkan berita yang nggak jelas kebenarannya, walaupun berita itu dapat membangkitkan semangat berislam.

Versi Lain
Asal mula April Mop memang diperdebatkan. Salah satu yang diduga sebagai sumber terkuat April Mop adalah peristiwa pergantian tahun baru dari versi kalender Julius Caesar ke kalender revisian Paus Gregorius XIII.
Dulu, sebelum datangnya Kristen, orang Eropa menggunakan kalender Julian -buah karya Julius Caesar- dan merayakan Tahun Baru selama 1 pekan, dari 25 Maret sampai 1 April. Ini berkaitan dengan equinox musim semi. Equinox itu adalah hari ketika panjangnya siang sama dengan panjangnya malam. Ketika Kristen masuk, perayaan ini dimodif menjadi perayaan memperingati datangnya malaikat Jibril kepada Maryam untuk mengabarkan akan dikandungnya Isa.
Pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII menemukan kesalahan perhitungan kalender Julius Caesar dan merevisinya dengan menghilangkan 10 hari dari kalender, dengan reformasi kalender oleh Paus ini, Raja Perancis, Charles IX memerintahkan agar festival perayaan Tahun Baru harus dipindah menjadi 1 Januari berdasarkan kalender baru revisian Paus.
Rakyat yang kolot tidak mau mengganti perayaan tahun barunya. Mereka tetap merayakan tahun baru pada 25 Maret sampai 1 April. Selama sepekan ini, rakyat yang menerima perubahan mengejek mereka yang kolot dengan mengirim hadiah-hadiah ejekan dan undangan pesta bohongan.
Korban ejekan ini disebut sebagai “Poison d'Avril” atau “Ikan April” karena saat itu, matahari sedang meninggalkan tanda zodiak Pisces yang berbentuk ikan. Dulu, orang Prancis merayakan 1 April ini dengan meletakkan ikan beneran di atas punggung temannya. Sekarang, tradisi itu diubah dengan hanya menempel stiker bergambar ikan di punggung orang lain.

Hukum Ber-April Mop??
So, sebelum pertengahan 1500-an, di Eropa belum terkenal istilah April Mop. Wallahu a'lam dari mana sumber cerita tentang Muslim Granada. Yang jelas kesimpulannya bolehkah kita merayakan April Mop?
Entah berasal dari peristiwa apa pun kek, ngerjain orang lain itu kagak boleh. Karena hal itu mengganggu orang lain plus berbuat yang tidak bermanfaat. Dua hal yang jelas dlarang dalam Islam. Apalagi tradisinya, lelucon April Mop itu dibuat dengan membuat cerita lucu bohongan. Berbohong agar orang lain tertawa telah dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Celakalah orang yang berdusta untuk membuat orang-orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia!” (HR. at-Tirmidzi, hasan shahih). Siapa sih yang mau dibilang celaka oleh Rasul kita?!
Kesimpulannya, April Mop tidak boleh kita rayakan. Bagi yang udah terlanjur merayakannya, nggak usah ngerayainnya lagi. Karena pada awalnya, ia merupakan hari raya agama kuno Eropa yang dimodifikasi agar berbau Kristen. Selain itu, isi April Mop adalah saling ngerjain dengan lelucon bohong. Semua itu dilarang Islam.
So, say good bye to April Mop!
“..Good Bye April Mop..!!!!”



Disusun (dengan perubahan) oleh: Roni Nuryusmansyah, mahasiswa STDI Imam Syafi'i, Jember..
Selasa, 14:05, 7 Rabi'ul Akhir 1431 H / 23 Maret 2010 M..
Asrama STDI, Jember, Timur Tanah Jawa, Barat Selat Bali, Negeri Seribu Pulau..
Sumber: majalah elfata edisi.3 vol.2008 mengutip triple double u dot islamtomorrow dot com..



NB : Pilihan materi yang masih terkelupas dan ingin dikupas secara tuntas selanjutnya:
1. Perjalanan R.A Kartini Menemukan Islam
2. Ternyata Bukan Christhopher Columbus, Bukan Pula Amerigo Vespucci
Berikan pilihan teman-teman ia??
Diperbolehkan menyebarkan artikel ini dengan mencantumkan sumbernya.
Jangan lupa kunjungi situsku:
www.roniahnaf.blogspot.com
www.roniahnaf.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar